Jakarta, Dengan penerapan teknologi digital dan selular, peningkatan aktivitas e-commerce dan pertumbuhan sistem pembayaran online di Indonesia, pangsa pasar e-commerce di Indonesia sangat menjanjikan. Tetapi bukan berarti tidak menimbulkan tantangan tersendiri, terutama dalam keamanan dan kenyamanan. Penelitian dari BMI Indonesia pada lanskap pembayaran online Indonesia mengungkapkan bahwa bank transfer adalah pembayaran paling umum bagi konsumen online Indonesia dengan presentase 75%, diikuti oleh cash on delivery (COD) pada presentase 20% dan sisanya 5% membayar melalui kartu kredit atau cara lain.

Hal paling penting seperti informasi keamanan dan merchant fraud telah mendorong Artajasa dalam kerjasamanya dengan Infinitium mengembangkan platform pembayaran dengan domestic authentication system untuk mencegah risiko dan menciptakan kepercayaan untuk terlibat dalam layanan dan transaksi kartu debit online diantara domain utama. B-Secure dynamic OTP authenticationmemberikan jaminan kepada pemegang kartu sebagai pembayar untuk melakukan transaksi card not present, sambil menikmati belanja online tanpa harus meninggalkan rumah.

Di sisi lain, Bank dan merchant dilengkapi dengan tehnologi back-end yang diperlukan untuk memfasilitasi transaksi-transaksi ini dengan langkah-langkah keamanan yang telah teruji terhadap ancaman kecurangan. Selain terhubung ke pangsa pasar yang baru, merchant-merchant yang terhubung dengan sistem ini dapat menawakan metode pembayaran yang lebih aman dan nyaman kepada konsumen, sementara Bank Issuer dapat menyediakan fasilitas e-commerce yang istimewa kepada cardholders mereka – dimana hal ini mendorong sistem pembayaran dan transaksi e-commerce.


Kembali